POLA SANDAL


Sekarang yang akan saya kupas adalah cara pembuatan pola sandal

 

  

Jika dilihat secara sepintas pembuatan pola sandal lebih mudah pembuatan nya dari pola sepatu.

 Padahal kenyataan nya menurut saya lebih sulit pepmbuatan pola sandal ketimbang pola sepatu dan lebih banyak lagi komponen komponennya untuk model sandal.

 Siapkan beberapa peralatan yang di perlukan untuk pembuatan pola sandal antara lain:

1. shoelast.
2. lakban kertas atau paper tape.
3. pisau cutter.
4. pengaris.
5. gunting.
6. kertas pola atau kertas karton.
7. aksesoris bila diperlukan untuk model yang akan di buat.

 Seprti biasanya untuk tahap awal tetep  sama menggunakan cara manual, yaitu dengen membungkus Shoelast dengan lakban kertas atau paper tape bungkus shoelast dengan dua arah yang berlainan, dari depan ke belakang lalu di timpah atau di double dari arah atah ke bawah.
untuk menghindari kerusakan atau kehancuran lakban kertas pada saat proses pemindahan dari shoelast ke karton pola.  

 Setelah selesai pembukusan shoelas dengan rata dan teratur, maka mulailah menggambar model sandal yang di inginkan. dan jangan sampai lupa untuk memberi tanda garis tengah dari shoelast.
karena garis tengah dari shoelast sangatlah penting untuk proses pemindahan lakban kertas dari shoelast ke karton pola dan sangat penting untuk kelanjutan grading pola atau seri pola.

  Namun sedikit berbada dengan pembuatan pola sepatu, kalau sandal sebelum membuat design model kita harus menentukan dahulu insole atau shave yang akan di buat. Supaya kita bisa menentukan dimana akan jatuhnya bagian Upper ke insole dan bisa nyaman pas di kaki khususnya di bagian depan kaki (jari) dan lobang untuk jepit jika membuat sandal model jepit.



   
Setelah di tentukan barulah memebuat design sesuai model dan bentuk yang di inginkan. untuk pembuatan kategori slop, itu lebih gampang kita cukup memebuat 1 pola master, dan selanjutnya untuk pembuatan model yang lainnya kita tak perlu berulang-ulang membungkus Sholast selama masih menggunakan Sholast yang sama. 

 Proses pengerjaanya sama saja, setelah membuat gambar di shoelast yang telah di bungkus lakban lalu siapkan kertas tebal atau kertas karton untuk nantiya di jadikan pola. lalu buka lakban di shoelast yang sudah di buat desain model sandal dan tempel di karton pola sesuai model yang di inginkan lalu di potong atau di cutting. dan jangan melupaka patokan untuk membuat garis tengah di shoelast dan di kertas karton untuk bisa di jadikan patukan atau acuan penempelan gambar desain di shoelast ke kertas pola atau karton.

 Biasanya pembuatan model sandal sedikit rumit dari pembuatan model sepatu, pembuatan model sandal lebih dominan putus putus pola atau sambungan/setelan.
jadi kita harus bikin beberapa pola setelan terkadang ada beberapa model sandal yang menggunakan kombinasi dari bahan atau warna yang beda beda. nah disitulah kita harus benar benar jeli dan telitin untuk membuka pola supaya nantinya setelah di setting di gabungkan pola hasilnya bisa tetep sesuai dengan model yang di ingingkan.

 Bisa dilihat pada gambar di bawah model sandal yang polanya putus putus, biasanya untuk model sandal saya buat dua pola. satu pola untuk satuan material atau kombinasi dan satulagi pola setting atau pola setelan supaya kita lebih mudah dan lebih akurat lagi nanti di hasilnya.




Ini beberapa contoh hasil pola dan hasil jadi dari sandal yang saya buat.  

 Sebetulnya sekarang sekarang lebih banyak lagi model bodel sandal yang lebih rumit lagi dan saya pun pernah menerima beberapa customer yang meminta model khusus yang lumayan extra rumit.
terkadang ada lagi customer yang minta ukuran size yang tidak ada di pasaran biasanya yang size jumbo ata bahkan size mini.

Oke semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan dari pengalaman saya di bidang alas kaki, jangan takut untuk memulai dan jangan takut untuk bertanya semoga tambah sukses untuk semua.

cek kami di instagram
dan youtube
 
Good luck.?!!

Komentar

  1. bagus bagus kang... mudah di pahami, sukses kang..

    BalasHapus
  2. tks kang telah berbagi ilmunya yg sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  3. Sip... Tambah sukses bos.. Trim's uda mau mampir..

    BalasHapus
  4. Mas, pengrrajin sepatu ya? Saya mau belajar langsung bisa? PEngen kerja sama juga sih :) Terimakasih

    BalasHapus
  5. Ia saya pengrajin sepatu & sandal.. Mau belajar langsung boleh.. Apalagi ada kerjasamanya... Dateng aja..

    BalasHapus
  6. Kalo inspirasi dari banyak hal... Kadang dari consep juga, pokona bisa jadi dari apa aja, dari mana aja bisa...

    BalasHapus
  7. Mas Riky, aku mau bikin sandal, tp diatasnya mau aku sulam gitu? bisa bantu ga? thanks

    BalasHapus
  8. Ga masalah. Mau sulam apa payet juga.. Emang dimana locasinya.?? Sukses selalu...:d

    BalasHapus
  9. Kalau mau kursus bikin sepatu dan sandal butuh waktu brapa lama mas Riky ?

    BalasHapus
  10. @randu... kalo masalah waktu itu tergantung kepinteran masing-masing mas.. tak terbatas waktu, kalo pengen bener-bener bisa...

    BalasHapus
  11. mas riky kalo mau berguru dengan mas riky gmn yah?

    BalasHapus
  12. @Hunjana... Hahaa kalo berguru kesannya gimana banget..:d, kalo mau belajar boleh-boleh aja..

    BalasHapus
  13. Mas kl buat sepatu brp ongkosnya sepatu high heels

    BalasHapus
  14. ongkos apanya ni mas bro... tergantung dari segi material dan Qualitas yang di buatnya sih... relatif lah...

    BalasHapus
  15. Kang boleh tanya kalo mau beli sol sandal eceran atau perkodi di bandung di mana NUHUN

    BalasHapus
  16. @ajkt. Kalo di JKT ada di Harco mangga dua ada. Banyak toko2 yang menjual pralatan/material sepatu,sandal. Bisa di cek ada di situ lengap... "Sami-sami"

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer