PERSIAPAN MATERIAL 'material preparation'

Berikut saya akan jelaskan sedikit material dan mesin yang diperlukan untuk produksi

Sehubungan banyaknya email yang masuk "sombong sedikit" untuk bertanya tentang material sepatu atau sandal.

maka saya akan uraikan sedikit, sesuai sepengetahuan saya maksud nya dan lokasi dimana pembelian materialnya, itu pun khususnya untuk wilayah jakatra. 

Yang pertama atau yang paling dasar di sepatu adalah SHOELAST atau Laste atau Kayu last.


Di jakarta khusus nya uda banyak pabrik yang memeproduksi Sholelast ada sekitar 6-7 PT yang membuat shoelast bahkan bisa lebih, itupun yang saya tau (tapi pasti)

Salah satunya Duta Lastindo bisa di cek disini untuk alamatnya
Jika sudah ada shoelast beralih ke bagian  UPPER   materialnya bisa PVC, PU, KANVAS, atau sekalipun berbagai jenis kulit atau apalah yang bisa di jadikan sepatu bahkan sekarang kain batik,kain songket kain kain etnik brokat atau lace banyak dan bisa di buat untuk bahan sepatu/sandal.

Selain bagian bahan upper ada lagi bahan untuk lapisan atau lining biasanya beda sama bagian upper, untuk material lapisan biasanya lebuh lembut atau tipis dan lembut karna bagian ini yang langsung bersentuhan dengan kulit kaki si pemakai.
semua bahan bahan uper dan lapisan mudah sekali di dapat di toko toko material untuk wilayah jakarta dan sekitar pasti sudah tau adanya di harco mangga dua. nah jika sudah ada untuk bagian upper, lalu kita siapkan untuk sekitaran  BOTTOM 

Untuk di bagian outsole bisa pake sole yang sudah jadi  ini pun sudah banyak di produksi di jakarta, tapi untuk urusan outsole yang jadi sementara ini masih Bandung yang lebih bagus dan banyak jenisnya "untuk di indonesia"

Biasanya untuk sandal sandal wanita "Fashion" yang menggunakan hak atau heels tinggi maupun pendek, itu menggunakan outsole yang lembaran, bisa dari Rubber atau Fiber. 

Semua jenis material bisa Anda cari di toko toko material sepatu, karna sudah di jual bebas. itupun untuk yang versi umum (tida di booking brand brand tertentu) Khusus nya untuk wilayah jakarta Anda bisa cari di daerah mangga dua jakarta barat tepat nya di Harco mangga dua. disitu ada puluhan bahkan ratusan toko material sepatu / sandal yang bisa dikatakan paling kumplit "untuk versi umum"

Nah jika itu semua sudah ada, tinggal lah memikirkan pembuatan atau perakitan, tentunya tidak ketinggalan dibutuhkan beberapa jenis Mesin. Untuk mesin yang paling dasar adalah mesin sewing atau mesin jahit, hampir semua jenis mesin jahit bisa di gunakan untuk pembuatan sandal. Tapi jika Anda berniat untuk membuat sepatu, jenis mesinnya pun harus khusus mesin jahit untuk sepatu. Jangan khawatir mesin jahit nya pun sudah banyak di indonsia khususnya di jakarta.

 Selanjutnya mesin buffing atau mesin gerinda diperluka untuk menghalus beberapa bagian di insole ataupun di outsole. Ada mesin buffing yang sudah khusus di setting untuk gerinda berbagai kebutuhan sepatu / sandal, ada juga yang bisa dirakit sendiri "dibutuhkan orang pengalaman"

Mesin Embosd di butuhkan untuk membuat Article seri produk atau untuk membuat Merek atau Brand yang kita buat.
 Lalu mesin press ada yang manual ada juga yang menggunakan compressor, yang di butuhkan untuk memperkuat daya rekat lem dari upper ke outsole demi menjaga qualitas yang bagus.
Untuk mesin mesin tersebut bisa di dapat di Harco mangga dua atau di daerah Glodok.

Jika Anda yang bermodal besar, dan berniat untuk membuat sebuah pabrik besar dengan quantity masal. semua material, mesin mesin, atau alat alat yang mendukung semua dengan tecnalogi mesin canggih. bisa di dapat langsung impor dari luar negri. 
ya tentunya untuk alat atau mesin mesin yang canggih ada di negara italia, karan tidak di pungkiri kiblat septu ya itu negaranya  "hehe sok tau"

 Tapi untuk harga yang lebih murah sekarang banyak juga peralatan tersebut brasal dari nagara china, bahkan sama kumplitnya dan sama canggihnya ... "Qualitasnya pikir sendiri"

Dan jangan di lupakan hal yang paling terpenting adalah TEMPAT atau lokasi untuk Anda memulai produksi. karna walau material sudah kumplit semua bisa sia sia kalau belum punya tempat hehe...

Nah itulah beberapa material dan mesin mesin yang harus disiapkan sebelum memuai produksi sepatu/sandal semoga bermanfaat dan jangan takut untuk memulai.

cek kami di instagram
dan youtube

Good luck ... !!!

Komentar

  1. waow juragan sepatu ya bos,salam sukses selalu ya...

    BalasHapus
  2. haha iseng aje gan, ane kuli sepatu bukan juragan nye...:D thank do'a nye, sukses juga buat ente...

    BalasHapus
  3. ma'f kang bisa bantu kami, dimana yak kalo mau pesen out sole yang sudah jadi gitu...

    BalasHapus
  4. sudah saya kirim bos ke mail sampean.. sukses selalu buat kita...:D

    BalasHapus
  5. boleh minta emailnya mas?kebetulan saya sedang merintis label untuk mens footwear.

    saya mau tanya kalau welt itu fungsinya untuk apa ya?terus material outsole yang paling bagus mnurut mas apa ya?rubber atau eva foam?

    BalasHapus
  6. ricky.tanggo@gmail.com welt itu adanya di pinggiran uot sole, kalo di tanya fungsi dia cuman nutupin pinggiran upper saja. Intinya welt itu hanya pariasi. Biasanya jenis spatu pantoplle kantoran yang pake. Kalo rubber ama eva foam/phaylon. Tergantung jenis sepatu yang mau digarap. Karna ga mungkin spatu pantople kantoran pake eva foam.!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer