CARA MELATIH KETEPATAN POLA

Cara menguji ketepatan dalam membuat pola


 Karena tidak ada yang bisa menjamin bahwa setiap pembuat pola bisa langsung pas di shoelast dan pas nyaman di kaki si pemakai.



 Pembuatan pola bisa saja akurat atau tepat dalam sekali pembuatan pola, mungkin itu sudah sering, atau senior atau penggunaan material bahan upper yang sudah biasa di produksi sehari hari.

 Namun kebanyakan pola tidak selalu tepat di awal pembuata pola itu terdiri dari beberapa Faktor salah satunya adalah

-Faktor bahan upper, terkadang satu jenis bahan sintetis saja bisa berbeda beda tingkat kemuluran bahanya, yang di gunakan untuk produksi.

-Faktor setting upper, jika model sepatu atau sandal yang di buat ada potongan pola. atau terdiri dari beberapa komponen biasanya sering terjadi salah komunikasi dengan operator sewing aatau jahit.

-Faktor pembuatan pola, ini sering terjadi juga dikalangan pemula yang kurang hati-hati dan tidak adanya kontrol terhadap bahan material yang akan di gunakan.
bahan sintetis tingkat kelenturan bahannya sangatlah berbeda dengan bahan bahan jenis kanvas.
dan bahan kain atau brokat tingkat kelenturan bahannya sangatlah berbeda dengan bahan kulit asli.

Belajar  dari pengalaman, mungkin itu kata yang lebih tepat untuk menguji feeling kita atau ketepatan dalam menghitung rumus pola.
jangan selalu beranggapan pola kita sudah tepat atau sudah benar, karna 80% hasil sepatu atau sandal adalah dari hasil pola.
Jika sekali kita buat dan hasilnya kurang maksimal, mungkin itu kesalah dari pola. kita bisa cek dari panjang shoelast dan membandingkan dengan pola yang kita buat atau kita bisa kontrol dari kelenturan (mulur) bahan yang kita pakai.

  Karna itu juga sangat berpengaruh besar terhadap pola yang kita buat.
Sebenarnya masih banyak lagi ilmu ilmu yang saya dapat dari pengalaman untuk berbagi dengan pencinta footwear, atau khusus nya para pengrajin, para desain sepatu.

Namun sehubungan dengan kesibukan saya di dunia nyata sangatlah menyita waktu, sehingga saya tidak memiliki waktu yang banyak untuk memposting pengalaman pengalaman saya di bidang pola.

 Semoga dapat bermanfaat untuk menambah ilmu atau menambah pengalan di bidang produksi alas kaki.
jangan takut untuk memulai dan jangan takut untuk bertanya.

cek kami di intstagram
dan youtube

Good Luck...

Komentar

  1. hi mas ricky, mau numpang nanya dong. aku baru mau mulai bisnis sepatu kecil2an ini, utk sepatu cewe. mas, kalo untuk insole dalem, buat tatakan dalem itu, sebagai besar kan yg djual pasaran cuma ampe yg tinggi 9 cm, sepatu yg g dpesen lebih dari itu tingginya. ada masukan ngak mas dmana bisa buat tatakan itu?? rata2 si ktnya suruh mesen, tp quatitynya ampe 100 pasang, heheheheh, belum sanggup soalnya kalo ampe sgitu banyak. mungkin aja mas ricky punya kenalan yg bisa buat quantity kecil ato bisa kasih masukan buat yg tinggi kayak gini, soalnya tinggi tatakan shoe lastnya 11 cm. Makasih banyak mas. (pamela, pampanggabean@gmail.com, 08129964678)

    BalasHapus
  2. Hi juga pamela... Thank sudah mau mampir... Ia emang di toko hanya sampai 9cm, susah juga sih klo 11 ato lbih tinggi lagi. Ituu harus pesen. Kalo ga mau kna minimum harus bikin pisau Pon sendiri. Kalo mau hemat, beli 9cm di getik ikutin Last 11cm. Nanti di tambah texon lagi 1,50-1,75 biar tetep kokoh...

    BalasHapus
  3. hai mas ricky, saya mau belajar (kursus) bikin pola sepatu yang pas dan nyaman di kaki, langsung praktek. ada tempat atau orang yang bisa kasih ilmunya ke saya ga?! mohon infonya mas... terima kasih :))
    (email: gustikhairani@gmail.com_sms: 085716708636)

    BalasHapus
  4. Hai juga Rani... Trimakasih sudah mau mampir, Kalo belajar ato kursus, saya. Kurang tau tempatnya.. Tapi kalo berbagi ilmu pola spatu/sandal saya bisa sdikit berbagi pengetahuan tentang pola2 dan pembuatan secara langsung....

    BalasHapus
  5. Mas Riky, bsd dimana, mau dong main ke workshopnya mau pesan sepatu nih. sms sy no hp mas-nya di 085880789089 ya. thanks

    BalasHapus
  6. silahkan bu silvya kalo ada waktu luang main ke workshop saya di bsd.....

    BalasHapus
  7. Hi..bos ricky di workshop produksi sepatu apa aja?bisa minta no contactnya siapa tau bisa nanya2 masalah di pola sepatu..saya jg produksi sepatu.thx..

    BalasHapus
  8. hai juga bos ryan..... ane produksi woman smua bos... 087881147071 ente produksi apa nih...???

    BalasHapus
  9. Terima kasih Pak, sudah beberapa hari ini saya mencari informasi tentang CARA MELATIH KETEPATAN POLA, ini sungguh sangat membantu saya untuk memecahkan masalah yang sedang saya hadapi. mulai sekarang saya akan bookmark blog ini agar saya bisa kembali dan melihat informasi yang terbaru. mungkin anda juga membutuhkan infomasi dari saya ANEKA RESEP MAKANAN BAYI

    BalasHapus
  10. Mayrline Stncovc sama sama... good luck buat kamu...

    BalasHapus
  11. Terima kasih atas blog'y yg informatif pak Riky. Saya tertarik untuk belajar cara membuat sepatu, apakah ditempat bapak menyediakan kursus singkat bagi yg berminat? Klo ada, berapa ya biaya kursus'y?

    BalasHapus
  12. @Maia... trima kasih sudah mampir di blogs saya... saya belajar pola spatu hanya otodidak... jadi ga bisa buka kursus,karna ga punya metode pengajaran....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer