CARA PEMBUATAN POLA HINGGA PRODUKSI SEPATU/SANDAL SECARA MANUAL


Untuk memulai pembuatan pola sepatu ada beberapa peralatan yang di perlukan untuk pembuatan pola sandal antara lain:



1. Shoelast.

2. Lakban kertas aatau paper tape.

3. Pisau cutter.

4. Penggaris.

5. Gunting.

6. Kertas pola atau karton.

 




Tahap awal ambil shoelast atau cetakan sepatu yang mau dibikin pola, bebas mau bagian kiri atau kanan biasanya saya pakai bagian kanan. untuk size biasanya  37atau 38 untuk cewek dan size 41 untuk cowok. 
lalu bungkus shoelast dengan menggunakan lakban kertas "paper tape" (biasanya bisa didapat di toko alat tulis) 

Bungkus shoelast secara menyeluruh (seperti mummi)  proses pembungkusan shoelast ada dua tahap. 

Tahap pertama bungkus shoelas dari arah belakang (bagian tumit) kearah dapan (bagian ujung shoelast) secara menyeluruh. tahap kedua bungkus shoelast dari arah atas ke arah bawah atau arah sebaliknya secara menyeluruh.

Buatlah garis lurus di posisi tengah dari shoelast tersebut, dari arah tumit ke arah depan posisi ujung shoelast lalu gambar shoelast yang sudah terbungkus lakban sesuai dengan desain  yang di inginkan, setalah dapat gambar desain yang di inginkan, lalu potong gambar tersebt dengan menggunakan pisau cutter, khusus untuk jenis sepatu potonglah garis lurus di bagian tumit. 
(lihat pada gambar di atas)

Lalu siapkan karton atau kertas tebal buatlah garis lurus di karton pola kurang lebih 30cm, dan bukalah lakban yang sudah di gambar pola dari Shoelast lalu tempel ke karton pola dengan patokan garis tengah dari shoelast ke garis tengah dari karton pola, lalu potonglah karton tersebut dan jadilah sebuah pola. 

Banyak dari para pembuat pola yang tidak menggunakan patokan dari garis tengah, padahal itu sangatlah penting untuk nanti berlajut ke arah grading pola tau seri pola.                      

(lihat pada gambar di bawah)








Dari hasil pola desain yang di inginkan, lalu gambar  ke bahan PVC,PU,/LEATHER (kulit) Sesuai kebutuhan lalu potong, dan lem smua permukaan menggunakan lem latek. 

 Bagian belakang dari bahan ya, bukan di bagian atas bahan. proses pembuatan upper atau atasan sepatu/sandal perlu proses yang tak bisa di jelaskan detil disini. 

jahit (sewwing)  dan proses pemasangan aksesories hingga menjadi sebuah bagian Upper  (mukaan atau atasan dari sendal/sepatu)
 

 Proses pengarapan Assembling "perakitan keseluruhan" secara manual dan di garap dengan tenaga ahli  (orang berpengalaman)










Hasil dari desain pola  hingga menjadi sebuah produk "sample" secara manual dengan hasil yang maksimal dan qualitas yang bagus, siap dipasarkan dan tak kalah saing dengan produk mesin-mesin berteknologi canggih. 

Meski dengan  cara manual, produk-produk sepatu/sandal di INDONESIA sangatlah di akui kehandalan dan kualitasnya oleh negara-negara ASIA bahkan EROPA.

 Semoga bermanfaat untuk mrnambah pengetahuan di bi bidang alas kaki jangan pernah takut untuk mencoba dan jangan pernah ragu untuk bertanya, sukses untuk semua.

cek kami di instagram
dan youtube

 GOOD LUCK...

Komentar

  1. mantep banget kang temanya pas buat tambah pengetahuan, bisa mantu kami ga kang..?? trims sebelum nya, sukses selalu....

    BalasHapus
  2. trimakasih bos...:D siap kirim saja yang bisa aya hubungi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. bang tau info pengrajin sepatu ga? lagi nyari nih

    BalasHapus
  4. Ibu mau ngasih order apa mau buat workshop sendiri. Kalo mau ngasih order, saya sndiri pengrajin... Trim's uda mau mampir. Sukses selalu..

    BalasHapus
  5. Kalau mau buat workshop sendiri, ada referensi untuk tukangnya tidak sm apa saja yg hrs disiapkan bang?
    Thanks

    BalasHapus
  6. @maria... ada banyak tukang sepatu manual, tapi kalo belum pernah buka workshop ya emang susah juga. yang harus prtama di siapkan tempat sama ordernya bu...

    BalasHapus
  7. mas mau tanya kl mau kursus bikin sepatu di daerah mana ya adanya?

    BalasHapus
  8. kalo kursus pembuatan sepatu, saya kurang tau juga ya... tapi kalo kursus pembuatan pola, ada di daerah grogol jakarta barat...

    BalasHapus
  9. Gan, terima pembuatan sandal /sepatu yah? Barang ready atau by order?
    S bs contact kemana yah? Thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya produksi sepatu, punya pengerajin sendiri. Lokasi bogor.boleh contact wa jika berminat. Harga sangat bersahabat kualitas jempol.
      Cus langsung wa httpss//api.whatsapp.com/send?phone=6285780075180

      Hapus
  10. ia bos.. by order, bisa di contact ke WA 087881147071 ato mail ke ricky.tanggo@gmail.com tararengkiuw bos dah mampir di blog ane.. gutluk lah buat ente..:d

    BalasHapus
  11. Gan, kursus pembuatan sepatu di grorol bisa minta alamat lengkapnya gak? S tertarik mau buka workshop sepatu. Thx.

    BalasHapus
  12. sory bro baru bales... maklum dunia nyata lagi sibuk.... ente cari aja alamat web nya di google jeffrisekolasepatu.. disitu ada harga2 nya perpaket...

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru baca komen yg ini, makasih infony mas... :)
      ngomong2, cuma satu itu aja tempat kursusnya ya?!

      Hapus
    2. @gusti. Setau saya itu aja di JKT...

      Hapus
  13. saya di surabaya. pengen belajar pola sepatu ada info gak ya mas?

    BalasHapus
  14. @intan.. aduh kalo di surabaya saya kurang tau ba... kalo di jkt saya ada sedikit info... thank sudah berkenan mampir... good luck....

    BalasHapus
  15. bang riky makasih bgt atas info2 yang membangun d blognya..sukses slalu ya bang

    BalasHapus
  16. bang gua mau sharing k tempat lu blh ga?atau kita ktmuan dmn gtu bang,,gua pgn cari byk pengalaman tentang sepatu bang..,.pleasee.. :(

    BalasHapus
  17. @Tresna.. Terimakasih ..:d
    Boleh silahkan aja kalo mo dateng aje ke workshop ane di bsd....

    BalasHapus
  18. pak riky, workshop anda alamat di BSD dimana? Kalau bisa saya mau mampir..:D

    BalasHapus
  19. @pak Thomas.. Blakang Vila Serpong. Kmpung jlupang blakang masjid Al'muhajirin.. Silahkan mampir tapi Saptu & minggu saya bisa stay...

    BalasHapus
  20. mas cara buat pola als gmana ya? kan ukuran kaki org beda2

    BalasHapus
  21. @Akbar... Als itu apa.? Betul ukuran kaki pasti Beda2, makanya ada standar Eropa,Asia... Kalo pembuatan Pola ikut Shoelast. Nah di Shoelast nya itu harus yang bener2 Standar...

    BalasHapus
  22. om boleh sharing dimana saya bisa belajar pola.

    BalasHapus
  23. @Ubewonk.... boleh mau mau sharing masalah apa di sepatu /sandal... Trim's uda mau mampir di blogs saya...

    BalasHapus
  24. Pak Riky,
    Saya mau ke workshop sabtu siang bisa ya? ada alamat lengkap gak ya pak?
    thanks

    BalasHapus
  25. @yulvina... Infokan saja ke WA:087881147071

    BalasHapus
  26. Terima kasih Pak, sudah beberapa hari ini saya mencari informasi tentang PEMBUATAN POLA HINGGA PRODUKSI SEPATU/SANDAL SECARA MANUAL, ini sungguh sangat membantu saya untuk memecahkan masalah yang sedang saya hadapi. mulai sekarang saya akan bookmark blog ini agar saya bisa kembali dan melihat informasi yang terbaru. mungkin anda juga membutuhkan infomasi dari saya ANEKA RESEP MAKANAN BAYI

    BalasHapus
  27. Selamat sore, saya mau tanya kak. Kalau pengrajin sepatu biasanya sehari bisa membuat berapa flat shoes ya? Thankyou

    BalasHapus
  28. @florensia... Tergantung jumalah karyawan nya bu.. 1 orang tukang biasa rata-rata 13-20psg...

    BalasHapus
  29. yang ingin menvoba berbisinin sepatu,silahkan hubungi Kami (Produsen Sepatu Cibaduyut).
    Kami siap melayani kebutuhan Anda.hub WA: 0813 2255 4427

    BalasHapus
  30. yang ingin mencoba berbisinis Sepatu & Sandal,silahkan hubungi Kami (Produsen Sepatu Cibaduyut).
    Kami siap melayani kebutuhan Anda.hub WA: 0813 2255 4427

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer