MENGENAL COMPONEN


Sandal atau pun Sepatu secara keseluruhan sebenarnya hampir sama saja terdiri dari Upper part dan Bottom Part.


 Upper part terdisi dari beberapa komponen yang ada di bagian atasan sepatu atau sandal dan bottom part terdiri dari beberapa komponen yang ada di bagian bawah sepatu atau sandal.

 Berikut saya paparkan secara rinci mengenai komponen dari upper dan bottom.
 


 Saya akan mencoba menjelaskan satu persatu dari bagian-bagian komponen/material dari sandal atau sepatu yang paling penting dari sandal atau pun sepatu

 Shoelast atau cetakan sepatu yang sering di sebut laste.   
karena awal mulanya di indonesia Shoelast terbuat dari bahan kayu, maka banyak juga orang-orang produksi di indonesia menyebutnya kayu last.

 Namun seiringnya waktu dan kemajuan teknologi, sekarang kebanyakan Shoelast terbuat dari bahan fibber glas, plastik atau alumunium



  Upper Part atau yang sering disebut di produksi adalah mukaan, atasan dari sepatu atau sandal terdiri dari beberapa bagian, mari kita simak dan teliti dari gambar gambar yang telah saya siapkan.


Bagian Upper Part Sandal


1.Vamp
2.Back Counter
3.Strap
4.Lining
6.Quarter
7.Back Strap
8.Aksesoris (Gesper/Buckle)

 Bagian Upper Part Sepatu


 

 1.Vamp
2.Back Counter (Dipping)
3.Tounge (Balong)
4.Lining (lapisan dalam)
5.Depo (Kun)  

 Itulah beberapa komponen dari material upper part, sebetulnya masih ada banyak lagi nama nama componen di bagian upper namun saya hanya menggambarkan sedikit dari komponen bagian upper yang sering di gunakan di produksi.

setelah bagian upper part lalu ada bagian bottom atau bagian bawah sepatu atau sandal, berikut saya akan gambarkan beberapa komponen yang termasuk dalam bottom part.

 

 Bottom Part atau Bawahan dari Sepatu atau Sandal  

 



                    

 Dan ini beberapa komponen dari bagian bottom part yang sudah saya buat.


1. Outsole
2. Heel (Hak)
3. Midsole (Reinforce Insole)
4. Insole (Lemek/Tatak) 

 Itulah beberapa bagian komponen yang telah saya rangkum dan sengaja saya gambarkan untuk berbagi ilmu dari pengalam yang saya jalani di bidang alas kaki.

Semoga bisa berguna untuk menambah pengetahuan dan pengalaman dibidang produksi alas kaki sepatu dan sandal.

cek kami di instagram
dan youtube

Good luck...!!!


Komentar

Postingan Populer